Nomor Identitas Hutauruk

Nomor Identitas Hutauruk dimaksudkan utamanya untuk mencegah kesalahan pencatatan nama pada Tarombo Hutauruk oleh karena ada kemungkinan nama yang sama diantara semua insan yang menyandang marga Hutauruk. 

Formula penomoran ini dibuat sedemikian rupa sehingga tidak akan mungkin terjadi keslahan identitas atau double identitas dari seorang marga Hutauruk sepanjang data awal dalam tarombonya sudah sah dan tidak berubah lagi. Nomor Identitas Hutauruk (NIH) dapat saja berubah apabila suatu saat memang ada perubahan dalam tarombonya dan tentu saja adapula perubahan identitas pada insan Hutauruk lainnya. Oleh karena itu, pencantuman Nomor Identitas Hutauruk sebaiknya dibuat setelah Tarombo dianggap tidak lagi mengalami perubahan. 

Nomor Identitas Hutauruk ini dibuat sesederhana mungkin untuk memudahkan pemahamannya dan dengan Nomor Identitas Hutauruk ini akan dengan sendirinya dapat ditelusuri alur generasinya di dalam Tarombo Hutauruk. 

Dengan adanya Nomor Identitas Hutauruk, diharapkan semua yang menyandang marga Hutauruk memberikan perhatiannya kepada tarombonya. Apabila Tarombo Hutauruk masih dianggap perlu untuk generasi-generasi selanjutnya, maka dalam kesempatan ini dihimbau untuk mengirimkan tarombonya ke Hutauruk Center, atau mengkoreksi tarombo yang sudah terpublikasi di dondaujung.wordpress.com, apabila memang ada kesalahan atau kekurangan. 

Contoh pembacaan Nomor Identitas Hutauruk (NIH): 

Misal: 

141 AA1112112421 Ir. Maridup Pangihutan – Br. Punjab+Br.Tambunan

 

Gambar Penuntun Pembacaan Nomor Identitas Hutauruk (NIH)

Berikut ini adalah Daftar Nomor Identitas Hutauruk

  1. AA: NIH-Simodommodom (harap sabar menunggu download pdf)
  2. AB: Donda Ujung-II
  3. AC: Sipaet Tua
  4. BA: Ompu Tuan Mauli
  5. BB: Datu Garaga
  6. CA: Ompu Sohajoloan
  7. CB: Datu Jarangar
  8. CC: Guru Sotagamon
  9. DA: Ama Hapal Tua
  10. DB: Ompu Ujung Pane
  11. DC: Ompu Paksa Raja

2 Responses

  1. saya hutauruk no. 15 tapi setelah menelurusi generasi keatas saya terbentur dengan data yang ada, sementara kalo memang harus ditanyakan saya harus kemana ?

    • Mauliate anggi (pahompu) Victor Hutauruk,
      Web-blog ini bermaksud untuk mengakomodir semua tarombo Hutauruk dari 4 ompu A,B,C,D dan sub initial identitasnya seperti yang dipaparkan diatas.

      Mengenai Tarombo Hutauruk secara keseluruhan adalah merupakan sebuah project yang didukung oleh IDAHUTAMI, termasuk project pembuatan Nomor Identitas Hutauruk dimana semua insan hutauruk sudah selayaknya mengetahui nomor identitas ini, namun harap dimaklumi keterbatasan-keterbatasan yang ada, seperti masih adanya perbedaan tarombo internal parompuon di Hutauruk, termasuk data yang belum 100% lengkap.

      Petunjuk:
      Untuk mengetahui identitas parompuon, maka langkah pertama adalah mencari tau dari hubungan Hutauruk terdekat dengan diri sendiri yang sudah mengetahui jelas parompuannya. Baru selanjutnya dapat ditelusuri garis keturunan selanjutnya.

      Misalnya:

      Lumban Soit atau Raja Sumonggop masuk dalam kelompok A. Lalu ditelusuri dari 3 parompuannya, misalnya A= Raja Simodommodom, maka kelompoknya menggunakan identitas AA. Selanjutnya tinggal menelusuri garis keturunannya.

      Sementara demikian. Horas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: