Perlukah Hutauruk Punya Aula?

Bentuk-bentuk Aula

Mungkin judul ini mengandung banyak arti bila Hutauruk mampu memaknainya, tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya.

Pada hari Minggu, 31 Oktober 2010 yang lalu, pada saat diadakannya Rapat Gabungan antara MPPDU, Pengurus Harian, Komisaris Rayon, Panitia Bonataon 2011, ada tercetus dari Wakil Ketua MPPDU – Antonius Hutauruk, SH, bahwa Punguan Hutauruk sudah perlu memiliki Gedung Sekretariat.

Menanggapi pencetusan ide ini, salah seorang peserta rapat secara spontan menyambut ide ini dengan menyebutkan bersedia menyumbangkan meubelair perkantorannya. Memang beliau ini sudah lama mengimpikan bahwa Punguan Hutauruk Boru-Bere Jabodetabek sudah layak memiliki alamat sekretariat tetap, agar tidak lagi berpindah-pindah alamat setiap ada penggantian kepengurusan yang baru.

Pentingkah Memiliki Gedung Sekretariat?

Punguan Hutauruk Boru-Bere Jabodetabek sudah berdiri sejak 48 tahun yang lalu dan persisnya resmi berdiri Minggu, 7 Januari 1962. Apabila saat berdirinya Punguan Hutauruk Boru-Bere Jabodetabek ini sudah memiliki Gedung Sekretariat pada masa itu, maka setelah 48 tahun sekarang ini sudah banyak cerita bersejarah yang dapat terdokumentasi. Sungguh suatu kekayaan yang tak ternilai untuk diwariskan kepada generasi berikutnya.

Sayangnya hal itu tidak terjadi dan belum terjadi sampai saat ini. Catatan peristiwa, sejarah penggantian kepengurusan, rekaman kegiatan, foto-foto kenangan, sebenarnya adalah catatan sejarah untuk memberitahukan kepada generasi penerus bahwa Hutauruk sudah mempunyai andil untuk merangkul semua yang bermarga Hutauruk di Jabodetabek dalam satu wadah yang disebut Punguan.

Dengan jumlah anggota resmi yang tercatat sekitar 1200 Kepala Keluarga dan dengan yang tidak terdaftar sekitar 1400 Kepala Keluarga, sebenarnya Punguan Hutauruk sudah menjadi Organisasi Marga yang besar yang harus dikelola secara professional. Pengelolaan organisasi secara professional tentu saja harus didukung dengan sarana pendukung yang memadai.

Mungkin selama ini sudah ada terpikirkan kepentingan memiliki Gedung Sekretariat, tetapi baru pada hari yang disebutkan di atas tercetuskan. Anehnya dari sejumlah sekitar 50 orang peserta rapat yang hadir, cetusan ide itu sepertinya tidak bersambut. Apa gerangan yang ada di benak peserta rapat pada saay itu?

bersambung …..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: