Ayo Bercermin

PENDAHULUAN:

Tepat pada bulan ini September 2010, situs web-blog Donda Ujung Hutauruk dengan alamat domain dondaujung.wordpress.com berusia satu tahun. Segmen pengunjung yang diharapkan memang dikhususkan untuk warga komunitas Hutauruk dimanapun berada, sehingga dapat dimaklumi bahwa jumlah pengunjung yang berkunjung selama setahun ini hanya sekitar sepuluh ribuan saja atau setiap harinya di-klik sebanyak 25-30 kali saja.

Tidak ada pengelolaan khusus diberikan kepada blog Hutauruk ini karena memang dikelola secara amatiran saja oleh sekelompok kecil Hutauruk dalam rangka sosialisasi untuk mengajak warga Hutauruk mau perduli terhadap hal-hal yang bersifat sosial di internal warga Hutauruk dimanapun berada. Baik berupa sumbangan informasi dari siapa saja dan untuk siapa saja di lingkungan komunitas Hutauruk, atau bentuk-bentuk harapan bagaimana meningkatkan komunitas Hutauruk disegala sektor kehidupan yang memungkinkan untuk dilakukan bersama.

PENAMAAN:

Awalnya penamaan yang diinginkan untuk blog ini tentusaja yang kental berbau Hutauruk, semisal dengan nama hutauruk.wordpress.com namun alamat domain ini telah digunakan oleh pihak lain yang tentusaja salah satu dari komunitas hutauruk yang belum diketahui identitasnya. Oleh karena alamat domain memang hasus spesifik mencirikan hutauruk maka diputuskanlah untuk membuat nama domain dondaujung.wordpress.com dengan mendaftarkan alamat electronic mail atau e-mail: dondaujunghutauruk@yahoo.com yang dapat digunakan semua pihak di komunitas Hutauruk untuk berkomunikasi dengan pengelola, disamping fasilitas komunikasi lainnya yang tersedia secara interaktif di ruang comment web-blog ini.

Sebenarnya beberapa tahun sebelumnya ada disarankan kepada Pengurus Harian Hutauruk Se-Jabodetabek untuk membuat situs Domain Hutauruk untuk tujuan sepagai pusat informasi tentang hutauruk dan segala kegiatan yang ada dilingkungan komunitas Hutauruk dimanapun berada. Namun niatan itu belum kesampaian karena banyak hal berupa keterbatasan-keterbatasan. Tetapi nama domain yang diangan-angankan untuk dimiliki oleh komunitas Hutauruk itu ternyata telah di booking oleh pihak lain dan didaftarkan dengan nama domain www.hutauruk.com.

Apabila kita mencoba berkunjung ke nama domain hutauruk itu maka kita akan melihat tampilannya bahwa alamat domain itu sedang diperjualkan dengan harga Rp 250.000.000 (dua ratus lima puluh juta rupiah), artinya apabila komunitas berkeinginan untuk memiliki nama domain Hutauruk maka harus bersedia membayar dengan harga yang dimaksud.

Siapa pemilik yang mencantumkan nama hutauruk sebagai alamat domain-nya itu? apakah salah seorang dari komunitas Hutauruk juga? Tidak begitu jelas informasi yang diperoleh siapa pemiliknya akan tetapi pada tampilan itu kita dapat berhubungan dengan alamat e-mail: property_one@usa.com, dan contoh tampilannya, kita diarahkan untuk berkunjung ke situs domain bernama harianja atau tepatnya www.harianja.com.

Sudahlah… penamaan domain tersebut tidak perlu kita persoalkan karena untuk mengeluarkan dana Rp 250 jt untuk sebuah domain situs internet sepertinya belum memungkinkan untuk komunitas Hutauruk. Sebagai contoh bahwa untuk menghidupi kegiatan sosial punguan seperti Punguan Hutauruk & Boru Se-Jabodetabek setiap tahunnya harus tersedia dana sekitar seratus jutaan, hanya untuk kegiatan sosial seperti dana kematian, dana bantuan sakit, partisipasi adat perkawinan. Sementara sumber dana keanggotaan yang bersifat Dari Hutauruk Untuk Hutauruk berupa iuran anggota tidak sepenuhnya dapat terakomodir untuk menutupi kegiatan-kegiatan punguan. Bersyukur kepada Tuhan bahwa masih ada sejumlah Hutauruk yang mau perduli untuk menutupi kekurangan kekurangan yang ada dengan bersedia sebagai donatur, terutama dari kalangan tetua Hutauruk yang sudah mapan disegala bidang.

MATERI BLOG:

Sebagaimana dicanangkan dalam pembentukan web-blog ini pada intinya adalah untuk membangun komunikasi diantara komunitas Hutauruk dimanapun berada terutama yang berorientasi kepada kegiatan sosial. Oleh karena itu web-blog ini menampilkan berita-berita sosial baik suka dan duka seperti kegiatan pernikahan, kematian, atau berita bahagia sepanjang masuk berita itu masuk kepada administrator.

Adapula berita-berita yang pernah termuat di media massa yang dirasa penting dan berguna untuk mengusik keperdulian komunitas juga ditampilkan. Administrator web-blog juga berusaha menampilkan Profil Populer seseorang dari komunitas Hutauruk termasuk Boru atau Bere yang dianggap dapat menjadi contoh, panutan, atau menjadi stimulan untuk berusaha menjadi sukses didalam kehidupannya. Perlu pula diberitahukan kepada semua pihak di komunitas Hutauruk untuk mengirimkan profil yang kira-kira layak sebagai panutan dikalangan komunitas Hutauruk.

Web-blog juga berusaha mengakomodir bentuk-bentuk promosi atas segala kegiatan ekonomi dikalangan komunitas Hutauruk. Tampilan-tampilan promosi sederhana seperti bentuk-bentuk advetorial dirasa memungkinkan untuk ditampilkan dengan harapan bahwa pangsa pasar dikalangan sendiri komunitas Hutauruk boleh ikut berpartisipasi atas prinsip semua diuntungkan. Mungkin pola-pola pameo lama sudah bisa kita tinggalkan seperti; ‘Ndang di ho, ndang di au, tumagon tu begu’, layaklah kita gantikan dengan pameo; ‘Daripada tu halak, na di iba sandiri ma pinajolo.” dan sudah pasti prinsip ini disenangi oleh Tuhan.

Web-blog ini juga berusaha untuk mengakomodir semua pencatatan nama dan data personal Hutauruk dengan maksud akan mendukung kelengkapan Tarombo Hutauruk, baik dalam bentuk Tarombu Parompuon maupun Tarombo keseluruhan. Memang masih dirasakan adanya keterbatasan kemampuan pengelolaan terutama dari segi waktu untuk data entri maupun updating, akan tetapi bila ditak dimulai tentu akan sulit untuk mencapai akhir berupa kesimpulan yang suatu saat nanti akan menyenangkan semua pihak.

Web-blog ini juga menampilkan artikel-artikel yang dirasa dan dianggap dapat memotivasi, menambah pengetahuan, dan menambah keperdulian dikalangan komunitas Hutauruk maupun kepada pembaca lainnya. Termasukpula informasi-informasi umum yang mungkin berguna.

FEEDBACK:

Dari sepuluh ribuan pengunjung yang meng-klik berbagai topik yang ditampilkan di web-blog ini dalam setahun penuh, boleh dikatakan hampir taka ada tanggapan yang muncul sehingga cukup sulit untuk memetakan porsi-porsi materi mana yang lebih layak untuk dikembangkan atau sebaliknya.

Apabila kita ingin mencoba untuk membuat analisa berupa kemungkinan-kemungkinan yang ada diantara pengunjung yang meng-klik, maka berikut ini adalah gambaran yang mungkin terjadi:

  1. Web-blog ini masih belum layak untuk komunitas Hutauruk
  2. Web-blog ini belum mewakili kebutuhan informasi bagi komunitas Hutauruk
  3. Web-blog ini tidak menjadi kepentingan pribadi-pribadi di komunitas Hutauruk.
  4. Sumber lain lebih mewakili sebagai pusat informasi bagi komunitas Hutauruk.
  5. Sebenarnya bukan komunitas Hutauruk yang banyak mengunjungi Web-blog ini.
  6. Belum perlu memberi saran yang baik atau berbagi dengan komunitas Hutauruk melalui Web-blog ini.
  7. Saya Hutauruk tidak sama dengan pribadi lain di komunitas Hutauruk
  8. Saya Hutauruk mengambil yang perlu untuk saya saja
  9. EGP Hutauruk lainnya di Komunitas Hutauruk.
  10. Ndang sanga i, godang dope siuruson
  11. Tu sada an i, Hutauruk i….

Mungkin masih banyak point yang perlu dipertanyakan untuk mengambil kesimpulannya, dan memang administratorpun belum mampu mengambil kesimpulannya. Yang dirasa penting bahwa apa yang dapat diperbuat yang dianggap baik untuk diri sendiri dan orang lain ya diperbuat aja. That’s it!

HARAPAN:

Melihat perkembangan dunia dan kemanusiaan bahwa bentuk-bentuk komunikasi merupakan solusi dihampir semua persoalan yang dialami manusia. Tidak terkecuali bahwa Hutauruk sebagai salah satu komunitas manusia, salah satu komunitas Batak, salah satu komunitas bangsa di Indonesia sudah pasti memiliki geliat hidup yang saling ketergantungan satu sama lainnya.

Mungkin saja pribadi-pribadi Hutauruk belum merasa bahwa bersatu dalam satu komunitas yang beridentitas seragam belum diperlukan karena sudah sedemikian meleburnya Hutauruk menjadi bagian dari komunitas yang universal, tanpa memandang etnis-suku-bangsa, sehingga merasa terpanggil hanya berupaya untuk menggarami laut.

Akhir kata Ayo Bercermin kepada kata-kata bijak berikut:

  • Burung Pungguk Merindukan Bulan;
  • Hujan Emas Di Negri Orang Hujan Batu Di Negri Sendiri;
  • Jauh Dimata Dekat Dihati;
  • Mangkuling Do Mudar;
  • Bulan Na Diginjang Pardomuan Ni Simalolong;
  • Marsitijur Tu langit Madabu Tu Ampuan;
  • Ndang dao tubis sian bonana;
  • Ndang di ho, ndang di au, tumagonan tu begu;
  • Songon tampulan ni aek do na mardongan tubu;
  • Don’t wait till tomorrow what you can do today;
  • When you laugh, all the world will laugh with you, when you sad, you sad alone.

HORAS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: