Capt Silvester Hutauruk Ketua KPI Tanjung Priok

Capt. Silvester Hutauruk

Ketua KPI Tanjung Priok, Periode 2010-2015

Jakarta (Berita) : Menahkodai kapal berlayar sudah merupakan hal yang biasa bagi  Capt Silvester Hutauruk, tetapi dipercaya sebagai  ‘nahkoda’ para pelaut yang tergabung dalam  Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI) tentu merupakan hal yang beda.

Pasalnya, yang dinahkodai anak kelahiran Pematang Siantar ini bukan lagi sebuah kapal,  tetapi sebanyak 21 ribu orang anggota KPI Tanjung Priok yang mengharapkan  kepemimpinan yang mampu menjalankan roda organisasi dengan baik , apa lagi kepercayaan yang diberikan  disaat kepengurusan sebelumnya kurang berhasil.

” Saya sadar masih memiliki banyak kelemahan dalam menahkodai sebuah organisasi, tetapi kepercayaan yang diberikan akan menjadi cambuk yang memacu saya untuk  akan berusaha keras memajukan KPI sehingga mampu memberikan  kesejahteraan  kepada seluruh anggota,” ujar Capt Silvester Hutauruk ,  Rabu [24/03] di Jakarta.

Sebagai ketua KPI Tajung Priok  yang baru Silvester Hutauruk mengingatkan bahwa KPI sebagai organisasi independen dan tidak berafiliasi ke partai politik (parpol) tertentu. Larangan pengurus KPI aktif sebagai pengurus di sebuah partai politik atau organisasi massa lainnya telah tertuang dalam Anggaran Dasar (AD)/Anggaran Rumah Tangga (ART) KPI.

Untuk itu ,  dia berharap agar pengurus atau anggota KPI   tidak membawa-bawa atau mengatasnamakan KPI.  ” Sebagai hak politik silahkan  pilih parpol tertentu, tetapi jangan bawa nama KPI ke parpol itu,” tegasnya

Pada sisi lain, pria yang bangga sebagai Siantarman ini  juga mengingatkan agar para pelaut Indonesia yang bekerja di luar negeri untuk tetap menjaga nama baik dan martabat bangsa dengan mengukir prestasi yang membanggakan, sehingga citra  bangsa dan negara Indonesia tetap  terjaga di mata internasional .

Untuk menjaga nama baik, kata Silvester Hutauruk tidak bisa dilakukan orang perorang, tetapi  harus didukung solidaritas para pelaut yang kuat . Hasil dari solidaritas yang kuat itu sudah terbukti dengan  banyaknya pelaut Indonesia   tersebar di seluruh dunia.

Silvester Hutauruk juga menyarankan agar lembaga pendidikan pelaut yang makin berkembang tidak semuanya dilepas ke perusahaan pelayaran  luar negeri, tetapi juga harus dipikirkan  kebutuhan bagi perusahaan pelayaran nasional. Untuk menahkodai KPI Tanjung Priok ini, Silvester Hutauruk didampingi  Wakil Ketua Andi Abbas, Sekretaris Ricky Salaka, Bendahara Daulat Kalangit dan Maxsi Parrinusa.(aya)

Sumber: Berita Sore Online

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: