Tzu Chi Bantu Korban Kebakaran Di Desa Hutauruk-Sirongit

HARIAN GLOBAL
Saturday, 06 March 2010 11:40
Korban kebakaran di Pasar Sirongit Desa Hutauruk Kecamatan Sipoholon Kabupaten Tapanuli Utara mendapat bantuan. Bantuan ini diberikan Yayasan Buddha Tzu Chi  Indonesia Kantor Perwakilan Medan, Selasa (2/3) lalu.Kebakaran tersebut terjadi Minggu  (28/2) sekitar pukul 00.30 WIB. Si jago merah berhasil menghanguskan 23 pintu rumah permanen dan semi permanen beserta seluruh isinya. Dan 2 pintu rumah lainnya terpaksa dirobohkan dengan beko untuk mencegah penjalaran api.  Beruntung tidak jatuh korban jiwa. Asal api masih dalam pengusutan pihak kepolisian.

Empat orang relawan Tzu Chi dari Medan tiba di lokasi kebakaran sekitar pukul 10.00 WIB, Selasa lalu. Mereka langsung  menyerahkan paket bantuan berupa barang kebutuhan sehari-hari dan dana santunan tunai kepada 23 kepala keluarga korban kebakaran. Terdiri atas Edwin Idrus Situmeang, Pangihutan Hutauruk, Relia Situmeang, Roganda Siregar, Sorta Nababan, Edias Situmeang, Robert Simanungkalit, Marnala Simanungkalit, Mangisi Parapat, Robin Hautaruk, Bangun Tampubolon, Ramlan Sibagariang, Alvin Situmeang, Doresly Sihombing, Ratna Parapat, Saritua Situmorang, Janpiter Hutauruk, Lola Siregar, Goklas Siregar, Harmonis Siregar, Benni Situmeang, Saudin Situmeang, dan Tulus Hutauruk. Penyerahan bantuan disaksikan oleh Camat Sipoholon Sasmiduk Situmeang BA dan Kepling setempat Ramli Hutauruk, turut hadir Kapolsek D Simarmata dan aparat dari Kodim 0210/TU.

“Kami sangat berterima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi  yang begitu peduli kepada masyarakat yang tertimpa musibah kebakaran, juga kepada relawan yang telah menyempatkan waktu datang dari Medan khusus untuk memberikan perhatian. Bantuan yang diberikan ini sangat membantu para korban kebakaran,” kata Camat Sipoholon Sasmiduk Situmeang, BA.

“Saya sangat tergugah dan bangga melihat kepedulian dari  Tzu Chi yang begitu cepat dan tanggap. Hanya dalam 2 hari sejak kejadian telah tiba di lokasi dengan bantuannya walaupun perjalanan butuh 7 jam dari Medan. Walaupun  tidak ada hubungan kekeluargaan dengan warga setempat, tapi kepedulian terhadap sesama sangat besar. Semoga saja kepedulian ini tidak terputuskan,” kata Saudin Situmeang, seorang korban.

Pada hari yang sama, insan Tzu Chi juga menyerahkan paket bantuan kepada 3 kepala keluarga korban kebakaran di Dusun V gg Kasmir Desa Bangun Rejo Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deliserdang. Kebakaran yang terjadi Sabtu (27/2) lalu ini menghanguskan 1 pintu rumah semi permanen yang dihuni oleh 3 kepala keluarga.

Sebelumnya Sabtu (20/2), 3 insan Tzu Chi juga menyerahkan paket bantuan kepada korban kebakaran di Jalan Starban Ujung Kelurahan Polonia Kecamatan Medan Baru. Kebakaran yang terjadi Jumat (19/2) yang menghanguskan empat  rumah semi permanen. Penyerahan bantuan kepada 4 kepala keluarga yang terdiri dari Boymin, Miswan Beton, Sumiran dan Mandiri disaksikan oleh Kepling XII Kelurahan Polonia Suratman D. Bantuan yang diberikan berupa barang kebutuhan sehari-hari dan dana santunan tunai.

Seperti kata perenungan Master Cheng Yen ” Pandanglah dunia dari sudut berbeda, dunia akan terasa luas tak terhingga. Ubahlah sikap dalam menghadapi masalah dan memperlakukan orang lain, segalanya akan terasa nyaman tanpa beban pikiran”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: