Jumaida Hutauruk Demo Gubernur Syamsul Arifin

Desak Bertemu Gubernur Sumut, Buruh Bentrok dengan Polisi

Senin, 3 Mei 2010 – 18:54 WIB

MEDAN (Pos Kota) – Aksi unjukrasa ratusan buruh dan mahasiswa di Kantor Gubernur Sumatera Utara, berakhir bentrok.

Menyusul ulah pengunjukrasa yang memblokade Jalan Diponegoro, Medan, dan ditangkap oleh polisi,  seorang buruh jatuh pingsan setelah emosi karena aspirasi mereka tidak mendapat respon dari Gubernur Sumatera Utara.

Aksi massa yang tergabung dalam Gerakan Pro Demokrasi Sumatera Utara, Senin (3/5), dianggap polisi telah mengganggu ketertiban lalu-lintas. Kemudia aksi tersebut dibubarkan polisi, karena massa memblokir jalan. Sebagai bentuk kekecewaan, massa kemudian duduk di tengah jalan Diponegoro yang berada di depan Kantor Gubernur Sumut.

Karuan saja macet panjang terjadi. Puluhan polisi yang mengamankan aksi tersebut, segera mengambil tindakan. Demo dibubarkan dan sebagian buruh dipaksa masuk ke dalam truk polisi untuk kemudian dibawa ke Poltabes Medan.

Koordinator aksi demo Jumaida Hutauruk, menyatakan, mereka hanya ingin bertemu Gubernur Syamsul Arifin untuk menyampaikan pokok-pokok persoalan berkaitan dengan masalah yang dihadapi buruh di Sumut.

“Kami awalnya ingin bertemu dengan Gubernur, tapi tidak diberi kesempatan. Malahan polisi memaksa kami keluar dari kantor gubernur, dan sekarang kami dikumpulkan di Poltabes Medan ini. Kami kecewa dengan perlakuan seperti ini,” kata Jumaida Hutauruk, yang turut diamankan polisi.

Ditambahkannya, sejumlah kasus buruh yang saat ini belum terselesaikan diantaranya kasus PHK sepihak buruh PT WRP dan buruh Hotel Soechi Internasional. “Kami minta kasus ini cepat diselesaikan karena berdampak dengan kehidupan buruh,”ujarnya. (samosir/dms)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: