Pasca Tuduhan Beguganjang di Desa Hutauruk Sipoholon

Laporan Tuti Alawiyah

19/05/2010 12:10
 Liputan6.com, Tapanuli: Satu hari pascabentrokan di Desa Hutauruk, Kecamatan Sipoholon, Tapanuli Utara, Sumatra Utara, akibat isu santet, suasana desa tersebut masih mencekam, Rabu (19/5). Salah satu korban, Tiurlan Hutauruk masih trauma dengan sejumlah luka dan memar di tubuhnya. Ia dan keluarga lainnya kini juga masih menginap di Markas Kepolisian Sektor Sipoholon.

Seperti diberitakan sebelumnya, satu keluarga tewas mengenaskan karena dituduh warga memelihara begu ganjang (santet). Bilson Simaremare (60), Riama boru Rajaguguk (65), dan Loren Simaremare (35) harus kehilangan nyawa setelah sebelumnya dianiaya dan dibakar warga pada Sabtu lalu.

Peristiwa memilukan ini berawal dari kabar yang tak jelas asal-usulnya. Warga menuding keluarga Bilson memelihara begu ganjang. Warga yang sudah termakan isu, ramai-ramai mendatangi kediaman Bilson. Tanpa banyak basa-basi, mereka kemudian menganiaya Bilson dan Riama. Tak puas menganiaya, warga juga membakar pasangan suami istri ini hingga tewas, tepat di depan rumah mereka. Terkait kasus ini, polisi telah menetapkan 15 tersangka dan tiga lainnya dinyatakan buron. 
 
Isu begu ganjang juga muncul di Kecamatan Muara. Tiga hari pascapembakaran tiga warga hingga tewas, Kerpolisian Resor Tapanuli Utara menetapkan 42 tersangka pelaku dan 13 lainnya dinyatakan buron.(ADO)

One Response

  1. Ditempat dimana agama Kristen bertumbuh pertamakali di Tanah Batak ternyata imannya masih mampu dikalahkan oleh begu ganjang dan yang paling tragis malah menghalalkan sikap anarkis dan pembunuhan. Na lao maup nama huroha Sipoholon on. Lebih tragis lagi yang terjadi di muara, sangat mengenaskan, mengerikan, biadab.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: