Begu Ganjang Ada Di Desa Hutauruk Sipoholon

Isu Begu Ganjang Terpa Desa Hutauruk

Senin, 03 Mei 2010. Keluarga PM Terancam Diusir.
SIPOHOLON-METRO; Isu begu ganjang menerpa warga Dusun IV Desa Hutauruk Kecamatan Sipoholon Kabupaten Tapanuli Utara. Seorang warga setempat berinisial PM dan keluarganya dituding warga memelihara begu ganjang. Tudingan itu menyusul beberapa kejadian aneh di dusun tersebut, seperti kematian warga yang tiba-tiba dan mencurigakan, dan timbulnya penyakit aneh. 

“Kami mencurigai kuat bahwa PM pelakunya. Sebab keluarga PM juga pernah diusir dari Dusun Aek Manahur Desa Pargaringan Kecamatan Sorkam, Tapanuli Tengah beberapa tahun lalu, karena dicurigai memiliki ilmu gaib dengan memelihara begu ganjang. Hal ini dapat dibuktikan dengan pengakuan dua saksi mata warga di sana , Hotmian Manalu dan Mangantar Situmeang,” jelas penatua Desa Hutauruk, M Hutauruk, Minggu (2/5) di Sipoholon.

Untuk itu, lanjut dia, warga telah sepakat mengambil sikap mengusir PM dan keluarga dari Desa Hutauruk. Sikap tersebut ditegaskan warga melalui surat pengaduan yang ditandatangani 150 orang warga Dusun IV Desa Hutauruk kepada Kepala Desa Hutauruk. “Seluruh warga telah setuju, bahwa keluarga PM harus diusir dari kampung ini. Untuk itu kita buat surat pengaduan, dan kita harapkan pihak pemerintah dapat menyikapi persoalan ini,” katanya.

Sebelumnya pada Jumat (30/4) lalu, PM dan keluarga sempat mengadukan hal ini kepada kepala desa, karena merasa keberatan dan membantah tuduhan warga tersebut. Saat itu oleh kepala desa, warga dikumpulkan lalu diadakan musyawarah di rumah kepala desa. Selanjutnya diambil kesepakatan untuk melakukan upaya pembuktian, dengan memeriksa rumah PM dengan bantuan paranormal, namun tidak terbukti.

Warga Sesalkan Sikap Kepala Desa. Terkait sikap Kepala Desa Hutauruk dalam menyelesaikan hal ini, M Hutauruk mengaku menyayangkan sikap kepala desa yang terkesan melindungi PM dan keluarga. Di mana dengan alasan tidak sangggup menuntaskan persoalan ini, kepala desa selalu mengelak saat diundang dalam acara pertemuan warga pasca musyawarah pada Jumat (30/4) lalu. Bahkan kepala desa melimpahkan persoalan ini ke pihak kecamatan dan polsek Sipoholon. 

 “Saya sesalkan sikap kepala desa tersebut. Makanya kita berinisiatif akan mengadukan hal ini ke DPRD Tapanuli Utara. Kita akan sampaikan keresahan atas dugaan kuat ada warga yang memelihara begu ganjang, dan sikap kepala desa tersebut ke DPRD pada Senin (3/5). Kita siap membuktikan dengan pengakuan saksi bahwa PM dan keluarga pernah diusir dari tempat lain karena hal serupa,” tambah M Hutauruk. Hal senada juga dilontarkan Op Taruli Hutauruk, warga desa tetangga. Op Taruli menuturkan keprihatinannya melihat apa yang sedang terjadi di desa yang juga merupakan kampung halamnnya itu. “Saya prihatin dengan sikap kepala desa yang terkesan melindungi PM dan keluarga. Padahal kejadian ini sudah sangat meresahkan warga, jadi persoalan ini harus segera diselesaikan, demi kenyamanan dan ketenteraman warga,” katanya. (mora) 

Sumber: Metro Siantar

One Response

  1. Di Sibolga Pilkada anarkis, Di Humbang Pilkada anarkis, Di Sipoholon Begu Ganjang yang tak kelihatan membuat masyarakatnya menjadi anarkis dan saling bunuh. Memalukan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: