Januari 2007: Hutauruk Ada Pada Kebulatan Tekad PROTAP

Bupati Taput Serukan Seluruh PNS dan Masyarakat Hadir

Tarutung (SIB)

Mendukung dan mensukseskan acara akbar penyampaian kebulatan tekad masyarakat Tapanuli menyongsong kehadiran Provinsi Tapanuli kepada Komisi II DPR-RI, di lapangan Serbaguna Tarutung, Jumat (12/1), Bupati Taput Torang Lumbantobing membentuk satu panitia, tim fasilitasi dan koordinasi tingkat kabupaten Taput yang beranggotakan 100 orang lebih untuk bekerja memfasilitasi acara tersebut bisa berlangsung dengan sukses.

“Setelah adanya informasi kota Tarutung akan menjadi tempat penyampaian kebulatan tekad masyarakat Tapanuli kepada Komisi II DPR-RI, Bupati Taput langsung melakukan rapat Muspida dan rapat pimpinan instansi 8 dan 9 Januari mengeluarkan keputusan pembentukan panitia, tim fasilitasi dan koordinasi untuk bisa segera bekerja mensukseskan acara itu,” ujar Asisten I Pemkab Taput Drs Melani Butarbutar MM didampingi Asisten II dan III Ir AMH Hutagaol MM dan Drs HP Marpaung kepada SIB, Rabu (10/1) di Tarutung.

Dikatakan, dalam rapat pimpinan instansi, Bupati Taput telah menginstruksikan agar seluruh PNS dan elemen-elemen masyarakat diserukan untuk hadir dalam acara tersebut. “Jelasnya Pak Bupati Torang Lumbantobing benar-benar memberi perhatian untuk suksesnya acara tersebut,” tambah Butarbutar.

Menurut Butarbutar, panitia yang dibentuk Pemkab Taput itu diketuai Sekdakab Drs Sanggam Hutagalung MM dibantu tiga ketua dan 14 seksi yang jumlahnya 100 orang lebih.

Bupati Taput Torang Lumbantobing yang dihubungi wartawan SIB melalui telepon selularnya, Rabu (10/1) membenarkan pembentukan panitia dan tim fasilitasi dan koordinasi untuk mensukseskan acara penyampaian kebulatan tekad kepada Komisi II DPR-RI, Jumat (12/1) mendatang. “Kita sangat mendukung percepatan pembentukan provinsi Tapanuli, makanya kita langsung mengadakan rapat Muspida dan pimpinan instansi di jajaran Pemkab Taput untuk mensukseskan acara itu nantinya,” ujar Lumbantobing seraya menyarankan wartawan SIB koordinasi dengan Asisten I, II dan asisten III Pemkab Taput.

Secara terpisah, Asisten II Ir AMH Hutagaol MM kepada SIB mengatakan, pihaknya ditugasi menangani penyambutan di bandara Silangit, hiburan, kesehatan dan transportasi, sedangkan Asisten III ditugasi menangani tempat, konsumsi, tamu dan akomodasi, sementara Asisten I ditugasi menangani pengerahan massa, Lalulintas, Keamanan, Adat dan Acara.

Katanya, panitia yang dibentuk Pemkab Taput akan kerjasama dengan panitia pembentukan provinsi dari Medan yang dikomandoi Budiman Nadapdap SE dan panitia Taput yang diketuai Drs Juhal Siahaan.

PERSIAPAN LAPANGAN RAMPUNG
Ketua Panitia pembentukan Propinsi Tapanuli Medan Budiman Nadapdap SE didampingi Sanco Simanullang ST MT yang sejak, Selasa (9/1) sudah berada di Tarutung melakukan persiapan dan koordinasi dengan panitia lokal kepada SIB mengatakan, persiapan di lapangan acara sudah rampung. Disamping penataan tempat acara, juga dilapangan sudah dibangun sebuah panggung besar berukuran 12 x 8 meter, yang nantinya dipakai para artis-artis ibukota untuk menghibur puluhan ribu massa yang hadir dari 10 kabupaten wilayah Tapanuli. Artis ibukota yang akan hadir, menurut Budiman Nadapdap antara lain, Joy Tobing, Tety Manurung, Viktor Hutabarat, Reinhard Amigos dan Jack Marpaung.

“Kita akan buat acara ini berjalan sukses dan spektakuler, mendengar informasi dari panitia lokal, massa dari Taput saja sudah membludak. Kita yakin kota Tarutung akan macet total nantinya karena padatnya massa yang masuk dari luar daerah,” ujar Nadapdap di sela-sela pembenahan lapangan Serbaguna Tarutung, Selasa sore.

Sementara itu, Drs Juhal Siahaan selaku ketua panitia lokal didampingi Ir Ottonyer Simanjuntak kepada SIB, Rabu (10/1) mengatakan, persiapan lapangan sudah rampung, namun masih ada yang perlu dibenahi. “Kita melakukan pengaturan tempat pelajar SMA II HKBP dan mahasiswa STAKN Tarutung yang akan menyanyikan lagu Indonesia Raya, O Tano Batak dan lagu Provinsi Tapanuli,” sebutnya.

Ketua DPRD Taput FL Fernando Simanjuntak SH yang dimintai SIB tanggapannya seputar acara penyampaian kebulatan tekad masyarakat Tapanuli, Jumat (12/1) menyambut dengan baik. “Kita mendukung sepenuhnya acara itu. Kesempatan ini adalah kesempatan paling berharga dan jangan kita sia-siakan. Selaku wakil rakyat, kita serukan agar seluruh lapisan masyarakat Taput berbondong-bondong menghadiri acara itu. “Moment ini sudah lama kita tunggu-tunggu dan inilah waktunya yang sangat tepat dan tiada kata selain Provinsi Tapanuli harus terwujud dan mari kita dukung para pemrakarsa kita di Medan dan Jakarta agar Tuhan memberi kekuatan, semangat dan pikiran kepada mereka mewujudkan Provinsi Tapanuli,” ujarnya.

Pembicaraan Hangat
Semakin dekatnya waktu penyampaian kebulatan tekad masyarakat Tapanuli untuk percepatan Provinsi Tapanuli ini, kini masalah Provinsi Tapanuli menjadi pembicaraan hangat di tengah-tengah masyarakat Taput baik dia PNS, tukang batu, tukang beca, sopir oplet pun masyarakat yang sedang minum di kedai-kedai kopi.

“Kami sebagai generasi tua di daerah ini sangat ingin Provinsi Tapanuli terbentuk secepatnya. Saya yakin, di usia kami yang sudah tua ini Provinsi Tapanuli akan terwujud,” ujar KK Manimbul Hutauruk (68 tahun) dan Charli Situmeang (62 tahun) di salah satu kedai tuak Partungkoan (perkumpulan) orang tua di Sipoholon. Kedua tokoh masyarakat  Sipoholon itu kepada SIB mengaku, selain akan ikut menghadiri acara tersebut, juga telah memotivasi para generasi muda untuk ikut ramai-ramai memberi dukungan, walau hanya dengan suara saja. Tapi bila diperlukan tandatangan, kita siap juga, katanya sambil tertawa.

Sementara itu, MZ Silaban tokoh masyarakat Parmonangan kepada SIB mengatakan, pihaknya sudah menghubungi elemen-elemen masyarakat di Parmonangan agar ramai-ramai berangkat ke Tarutung. Sedangkan Tota Situmeang, Robert Hutauruk dan Teteng Hutauruk selaku pengusaha dan tokoh generasi muda dari Sipoholon telah mengatakan kesediaannya akan membawa ratusan generasi muda lengkap membawa spanduk pakai truk terbuka  dari Sipoholon, Jumat ini.

Demikian halnya Ketua SPSI Taput KK Goklie Hutauruk yang juga Ketua Marga Hutauruk Bonapasogit mengatakan, akan mengerahkan anggotanya dari setiap kecamatan di Taput untuk bergabung dengan seluruh elemen masyarakat mendukung dan mendorong percepatan Provinsi Tapanuli. “Kita sudah surati setiap pengurus kecamatan,” ujarnya melalui telepon selularnya Rabu siang.

Sekaitan dengan acara akbar di Tarutung ini, mulai dari perbatasan Siborongborong hingga Pahae Jae dan Kecamatan Adiankoting, kini sudah tergantung ratusan spanduk dari berbagai organisasi, ada dari masyarakat Nias, ada dari partai politik dan ada yang dipasang panitia serta menyebarkan ribuan lembar pamplet/brosur yang isinya mengajak masyarakat mensukseskan acara tersebut.

15.000 massa
Rapat gabungan panitia Pemkab Taput dengan panitia lokal penyampaian kebulatan tekad masyarakat kepada Komisi II DPR-RI menyongsong pembentukan Provinsi Tapanuli di rumah dinas Bupati Taput Rabu (10/1) sore memutuskan akan mengerahkan 15.000 massa dari 15 Kecamatan yang ada di Taput ke kota Tarutung menyambut Komisi II DPR-RI di lapangan Serbaguna.

Untuk merealisasikan rencana tersebut, rapat panitia gabungan yang dipimpin Ketua Umum Drs Sanggam Hutagalung MM dihadiri seluruh pimpinan instansi Pemkab Taput, Kasat Lantas Polres Taput AKP Pranggono, mewakili TNI, DPRD dan panitia Lokal Drs Juhal Siahaan serta Ir Ottoniyer Simanjuntak, telah sepakat akan mensukseskan acara itu sejak awal hingga berakhir.

Drs Djulu Hutapea selaku Seksi pengerahan massa melaporkan, seluruh kecamatan akan mengerahkan massa dikoordinir camat masing-masing. Katanya kecamatan yang massanya paling banyak yakni kecamatan Tarutung, Sipoholon, Siborongborong, Pahae Julu dan Kecamatan Sipahutar, Kecamatan Tarutung, menurut Camatnya Tobok Lumbantobing SH massa yang dipersiapkan sebanyak 6.000 orang dengan rincian 200 orang setiap desa dari 30 desa yang ada di Kecamatan Tarutung.

Katanya, selain masyarakat juga sebagian besar pelajar SLTA akan diturunkan dari seluruh kecamatan yang nantinya panitia akan mengerahkan sebanyak 65 unit truk secara bergantian mengangkutnya pulang pergi. Sementara dari setiap kecamatan diprediksi ribuan massa juga akan menuju Tarutung menaiki kendaraan roda dua yang parkirnya sudah disiapkan di lapangan parkir pekan Tarutung, sedangkan parkir truk dan bus  sudah disiapkan di terminal Madya Tarutung. “Nantinya seluruh kendaraan yang mengangkut massa harus terkendali karena kota Tarutung dan Sipoholon diprediksi sudah akan dipadati lautan manusia,” ujar Hutapea memberi laporannya.

Menurut Drs Djulu Hutapea, massa yang hadir dalam acara penyampaian kebulatan tekad mendukung Provinsi Tapanuli itu selain generasi muda, pelajar, juga massa dari Parpol, Marga-marga, OKP dan elemen masyarakat lainnya, termasuk massa dari berbagai gereja, seperti HKBP, HKI, GKPI dan organisasi muslim yang ada di daerah ini.

Disebutkan, untuk memeriahkan acara akbar itu, menurut Drs Djulu Hutapea, pihaknya selaku seksi pengerahan massa sudah bekerjsama dengan Dinas Pendidikan Taput agar dalam penyambutan rombongan tim Komisi II DPR-RI nantinya, sepanjang 25 Km jalan lintas Sumatera mulai dari Bandara Silangit sampai ke Sipoholon akan dipagar betis puluhan ribu pelajar SD, SMP dan SLTA yang ada di pinggir jalan sambil bersoraksorai memegang bendera merah putih ukuran kecil. Urusan ini langsung ditangani Kadis Diknas Taput Drs Mariani Mpd, ujarnya.

Sementara Ir Tanjung Purba selaku seksi transportasi juga menyampaikan laporannya tentang pengaturan kendaraan yang akan dipergunakan mengangkut massa ke seluruh kecamatan sudah siap sebanyak 65 unit truk serta tempat parkir yang sudah ditetapkan panitia.

Pada kesempatan itu, Drs Juhal Siahaan selaku panitia lokal menjelaskan, sesuai informasi yang diterimanya dari ketua panitia Provinsi Budiman Nadapdap SE, jumlah kepala daerah yang dipastikan akan hadir baru delapan orang, yakni Bupati Taput, Tobasa, Samosir, Tapteng, Humbahas, Nisel, Pakpak Bharat, sementara bupati Nias dan Dairi masih dalam konfirmasi katanya.

Pada kesempatan itu, OP Sitompul selaku seksi tamu menjelaskan, seluruh massa yang hadir dalam acara itu akan membawa bekal masing-masing, karena Panitia tidak menyediakan akomodasi.

“Ini benar-benar semangat luar biasa dari seluruh elemen masyarakat Taput yang sudah lama mendambakan kehadiran provinsi, tanpa diberi makan atau minum mereka rela berbondong-bondong berkumpul di kota Tarutung memberi dukungannya terhadap provinsi Tapanuli,” ujarnya dengan suara semangat.

Sekdakab Taput selaku ketua umum panitia mengharapkan kepada seluruh instansi pemegang seksi-seksi yang ditetapkan agar tetap berkoordinasi demi suksesnya acara tersebut. Dari setiap laporan, khususnya mengenai massa diyakini mulai dari Sipoholon sampai kota Tarutung nantinya akan terjadi kemacetan. Bisa saja rombongan dari Jakarta akan jalan kaki karena padatnya massa nantinya. Namun demikian, segala sesuatu kita harus kendalikan dengan baik demi lancarnya acara itu, ujarnya memberi arahan.

Sebelumnya, Asisten I Pemkab Taput Drs Melani Butarbutar melaporkan, dalam acara itu nantinya, seluruh rombongan Komisi II DPR-RI dan para anggota DPR pusat serta tokoh-tokoh pemrakarsa pembentukan provinsi Tapanuli dari Medan dan Jakarta akan menerima ulos Batak sebagai pertanda kegembiraan masyarakat dan sebagai alas doa masyarakat Tapanuli kepada pemrakarsa dan pemerintah pusat supaya Provinsi Tapanuli sesegera mungkin direalisasi. Ulos Batak itu nantinya akan langsung disampaikan tokoh masyarakat dari 10 kabupaten didampingi Bupati, Wakil bupati dan Ketua DPRD setiap kabupaten.

Hadir dalam rapat itu antara lain, Drs BP Nababan, OP Sitompul, Dorgis Hutagalung (DPRD), Asisten I, II dan III, para Kadis, Kakab, Kakan dan Kabag serta unsur-unsur terkait, seperti dari pihak TNI dan Polri.

Sekaitan dengan semangat dan kegembiraan Pemkab dan masyarakat Taput menyongsong kehadiran provinsi Tapanuli, mulai Rabu (10/1) sore telah membuat siaran keliling mulai dari Tarutung, Kecamatan Siatasbarita sampai ke Sipoholon mengimbau seluruh masyarakat untuk hadir di kota Tarutung mendukung pembentukan provinsi Tapanuli, Jumat, 12 Januari mendatang. Informasi yang diterima SIB dari panitia, nantinya dalam acara itu

Sumber: SIB, 11 Januari 2007

Mulak tu bona>>>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: