Berita Populer Hutauruk Tahun 2007

Masyarakat Desa Hutauruk Sipoholon Adukan Kepdes ke Bupati Taput

Sumber: Harian SIB, Posted in Marsipature Hutanabe by Redaksi SIB on Agustus 27th, 2007

Tarutung (SIB)
Sebanyak 424 masyarakat Desa Hutauruk, Kecamatan Sipoholon, Tapanuli Utara (Taput), secara tertulis menyatakan mosi tidak percaya kepada oknum kepala Desa Hutauruk, JH.

Surat tersebut disampaikan kepada Bupati Tapanuli Utara yang isinya oknum kepala desa tersebut dituduh memprovokasi masyarakat untuk menggagalkan hasil pemilihan kepala Desa Hutauruk yang dilaksanakan 6 Agustus lalu.

Surat masyarakat Desa Hutauruk tertanggal, 25 Agustus 2007 itu menyebut, oknum Kepdes secara nyata telah mempengaruhi calon kepala desa yang kalah Hoddi Hutauruk untuk mengadukan calon kepala desa yang menang Ramli Hutauruk ke Polres Taput dengan tuduhan ijazah palsu agar pelantikannya digagalkan.

Dalam pengaduan itu, disebut-sebut oknum Kepdes ikut sebagai saksi pengadu. “Seharusnya selaku kepala desa, harus netral diantara calon kepala desa yang kalah dan menang, agar perpecahan tidak terjadi di tengah-tengah masyarakat. Ulah oknum Kepdes itu sudah sangat meresahkan masyarakat,” tulis mereka dalam surat itu.

Ditambahkan, di samping ulah oknum Kepdes yang sangat meresahkan masyarakat, juga masa jabatannya sudah berakhir Maret lalu. “Untuk itu masyarakat Desa Hutauruk mengharapkan, agar Bupati Taput mengangkat carateker kepala desa Hutauruk menunggu pelantikan kepala desa defenitif di desa Hutauruk,” katanya.

Asisten I Pemkab Taput Drs Poltak Tambunan yang dikonfirmasi wartawan di kamar kerjanya, Senin (27/8) membenarkan telah menerima surat pengaduan masyarakat Desa Hutauruk itu. “Saya sudah baca surat itu dan sudah diproses,” katanya.

Ketika ditanya apakah pengaduan dengan tuduhan ijazah palsu yang dilakukan calon kepala desa yang kalah berpengaruh terhadap pelantikan kepala desa yang menang, dengan tegas Drs Poltak Tambunan membantahnya.

“Selama berkas hasil pemilihan kepala desa sesuai dengan peraturan, kepala desa yang menang akan dilantik. Apabila dikemudian hari ada keputusan pengadilan menyatakan ijazah yang bersangkutan palsu, Pemkab bisa memberhentikan yang bersangkutan dari jabatannya. Coba kita lihat, beberapa Pilkades di Taput selalu mendapat protes dari pihak yang kalah, apabila setiap pengaduan diproses polisi sampai berbulan-bulan, tidak mungkin pelantikan Kepdes yang menang ditangguhkan, karena roda pemerintahan desa pun perlu jalan. Jadi kalau ada yang begitu, mari kita tunggu prosesnya, sementara pelantikan kepala desa akan jalan terus,” tegasnya. (T5/x)s

Mulak tu bona>>>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: