Patujolo

Situs atau Blog ini dikhususkan untuk pengunjung dari keturunan marga Hutauruk atau yang masih berkaitan dan berhubungan kekerabatan dengan marga Hutauruk semisal boru, bere, ibebere. Tetapi tidak pula tertutup kepada pengunjung marga lainnya atau dari etnis lainnya, karena situs ini dikelola secara terbuka dalam norma-norma berbangsa di Indonesia.

Pengelolaan Blog ini untuk sementara masih belum ter-institusi secara resmi oleh punguan Hutauruk dimanapun berada, akan tetapi secara sadar moral diperuntukkan untuk keturunan Hutauruk yang boleh ikut berpartisipasi dalam bentuk apapun yang bertujuan untuk kebaikan bersama secara bertanggung-jawab.

Bahasa pengantar yang dipergunakan adalah Bahasa Indonesia dengan maksud agar generasi muda terutama diperantauan atau yang lahir diperantauan yang masih belum memahami, atau yang masih dalam proses memahami Bahasa Batak dapat memanfaatkan segala sesuatu yang ada di blog ini semaksimalnya, akan tetapi tidak terlepas kemungkinannya ada bentuk-bentuk artikel, berita, atau informasi dalam Bahasa Batak yang akan memperkaya informasi yang ada.

Para pengunjung dipersilahkan menggunakan halaman ini untuk berkomunikasi antara satu dengan lainnya dengan menggunakan bahasa sopan dan beradab. Administraor berhak melakukan moderasi untuk setiap komentar atau pendapat yang dianggap kurang layak ditampilkan.

Silahkan menggunakannya…. Horas

13 Responses

  1. Horas..

    Nama saya JUNUS DH HUTAURUK (C-15).
    Jujur aja saya sangat salut dengan adanya website keluarga besar Hutauruk ini & saya semakin bangga dgn menjadi bagian dari keluarga besar Hutauruk ini.
    Kalo boleh tau Amang yang membuat situs ini siapa..??

    Dalam website ini di logo hutauruk nya ada beberapa yang Amang rubah.
    Mohon maaf sblmnya, karena logo Hutauruk tersebut dikarang oleh Bapak saya; T.S.P Hutauruk (C-14) pada tahun 1987 dan selesai dgn sempurna pada tahun 1992 serta dipakai sampai saat ini..
    Adapun yang mendesign serta menyempurnakannya adalah saya sendiri, yang mana dari setiap garis yang ada dalam logo tersebut memiliki makna masing2 sesuai yang diinginkan oleh Bapak saya pada saat Beliau menjabat menjadi ketua Hutauruk Sejabotabek saat itu.

    Kalo boleh diijinkan saya siap membantu untuk membuat Logo tersebut untuk website kita ini tanpa mengurangi arti & makna dari logo aslinya.

    Salut & berkibarlah terus HUTAURUK kita.
    Mauliate jala Horas ma dihita sude.
    JUNUS DH HUTAURUK

    • Yth. Janus Hutauruk. Terimakasih atas info yang sangat berharga, khususnya tentang logo Punguan Hutauruk Se-Jabodetabek, sehingga sejarah pembuat logo tersebut menjadi terungkap.

      Bentuk logo yang tertera di Header memang mengambil ide dari logo Punguan Hutauruk yang disebut diatas, tepatnya dari buku punguan. Oleh karena kekhasan logo tersebut bermakna lebih dalam dan bukan hanya sekedar untuk Pungungan Hutauruk Se-Jabodetabek, melainkan menggambarkan Hutauruk secara menyeluruh (tentusaja Seportibi). Sayang pembuat logo tidak terinformasi di buku punguan sehingga pengelola blog menganggapnya sebagai domain saja, apalagi blog ini memang dikhususkan untuk Hutauruk secara keseluruhan tanpa ada ketergantungan terhadap punguan hutauruk dimanapun.

      Ide awal pembentukan blog ini didasari atas kecintaan terhadap Hutauruk oleh beberapa dongantubu Hutauruk dalam rangka penggalangan aksi sosial tidak dalam bentuk formal melainkan ada harapan bahwa dari lubuk hati insan Hutauruk yang paling dalam akan ada kepedulian terhadap sesama Hutauruk.

      Wadah-wadah seperti punguan memang sudah mewakili kepedulian terhadap sesama hutauruk, akan tetapi mungkin perlu juga ada semacam media penyampai informasi yang secara umum dapat diakses oleh siapapun sebagai wujud keterbukaan, walaupun sifatnya sangat terbatas kemampuan disegala bidang, hitung-hitung hanya sebagai sumbangsih saja.

      Kalau ada ide untuk membuat yang lebih sempurna, tentu saja akan disambut dengan ‘very welcome’, tetapi dengan catatan bahwa itu harus sebagai sumbangsih, karena situs ini tidak dikelola secara komersil.

      Oh ya… Saya sebagai administrator bernama Maridup Hutauruk (A-13), anggota di Rayon 509 yang diketuai oleh Saidi Hutauruk (C14) dan sekaligus sebagai Ketua IDAHUTAMI. Jadi saya harus memanggil pahompu kepada Janus DH Hutauruk ya… HORAS

  2. BERITA DUKA
    Buat : Punguan Hutauruk dohot Boru/Bere se- Jabodetabek
    Telah dipanggil Tuhan ke sisinya
    Orang Tua ( Bapa ) dari Ir. HOTMAN MALAU / MARIANNA Br HUTAURUK, SH atau O. Frits Doli hari Sabtu, 27 Maret 2010 di Lau Pakkat -Sumatera Utara.

  3. salut buat ampara yang mau membuat dan mengurus blog ini… dan semoga sukses terus….

    bagaimana cara mengirim berita dan artikel misalnya… dimana kami harus register…

    salam

    • Horas ampara Pahompu Hutauruk. Terimakasih atas komentarnya. Mengenai kiriman berita atau artikel, untuk sementara dapat dikirimkan ke e-mail: dondaujunghutauruk@yahoo.com, kami akan upload menjadi berita atau artikel berdasarkan category-nya. Terimakasih atas partisipasinya. Horas/GBU

      • Oke Ampara…. thanks…. kalau ada artikel atau tulisan mengenai Hutauruk nanti khususnya kami Hutauruk dari kota padangsidimpuan akan kami kirimkan….. Horas

  4. Horas ampara Pahompu Hutauruk. Saya generasi 13 Hutauruk-Raja Sumonggop-Raja Simodom-modom; sudah tercantum pada Tarombo di situs ini. Berhubung kelompok IDAHUTAMI sedang mengkoleksi semua tarombo Hutauruk secara perlahan jadi sangat dibutuhkan bantuan dari semua pihak untuk dapat mengirimkan tarombonya, sehingga tiba saatnya nanti Tarombo hutauruk menjadi lengkap dan dapat diakses oleh siapa saja di situs ini. Kalau ampara berkenan boleh juga mengirimkannya.

    Oh..ya.. bila ampara mengirimkan artikel maka akan tercantum sebagai kontributor sesuai alamat e-mail ampara.

    Salam hangat kepada semua dongan tubu Hutauruk di Padang Sidempuan. Horas/GBU

  5. Jakarta, 14Juni 2010.
    Horas Amangtua, dari Edison Pasartua Hutauruk, Apa kabar.
    Saya ingin mendengar petunjuk bagaimana memasyarakatkan buku “150 turi-turian na Jempek SIPARENGKELAN berbahasa batak (Cerita berbasis kehidupan orang Batak) Sampai saat ini saya baru cetak eksklusif (Kawat Spiral), belum jadi buku tapi sudah laku 30 buku. Mohon petunjuk. Kirim ke email : edison_senibatak@ yahoo.com, Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    • Horas ma amang!

      Untuk sementara ini, kami hanya bisa mempromosikan melalui situs ini: http://dondaujung.wordpress.com

      Kalau bersedia, supaya di e-mail rincian data dari buku yang akan dipromosikan; misalnya:

      > judul buku
      > jumlah halaman
      > harga per buku
      > contact pemesanan:
      a. attention pemesanan (nama sipenerima pesanan)
      b. Alamat/ No. Tel. / No. HP
      c. metode pembayaran (Bank Transfer / setor tunai / cash)
      d. No. Rekening Bank
      > Kalau boleh di e-mail scan cover depan.

      Holan on do na bolas tarbahen hami administrator. HORAS

  6. Horasma di hita pomparan Omp. Raja Nasumurung
    sada na boi ta hamauliatehon tu Tuhan pardenggan basa i, dilehon do di hita pasu-pasu nang parhorasan. Dinamarningot hita di taon 1987 na di patupa Partangiangan se-dunia pomparan ni ompui di Simanggule laguboti, nunga hampir 24 taon naung mardalan. Taon 2012 nunga jonok, jala 25 taon ma di taon i. Dihilala rohangku nian asa tapatupa muse Partangiangan i, songon dalan mangido pasu-pasu tu Tuhan pardenggan basai, jala songon napasadahon hita pomparan ni Ompui. Arop rahangku nian asa rap mangula hita dipikkiran nang di gogo, boi nian partangiangan i tapatupa 1x25taon.
    Pos rohangku di hita pomparan ni Ompui, nadi bona pasogit songon i na di pangarattoan asa ta lehon gogo nang pikkiranta di rencana i.
    Tabema sian au tu hita pomparan ni Ompu Raja Nasumurung di liat portibion. Tuhan ta ima namandongani hita….. Horas……

  7. […] Asa tung sahat barita on tu pinompar ni Ompu i, ni tampilhon do barita i di Situs Punguan Hutauruk – Jabotabek on, dongon on ma himbauan i: A new comment on the post “Patujolo” is waiting for your approval http://dondaujung.wordpress.com/menu-pembuka/ […]

  8. salam kenal ,saya Haris Hutauruk pengen bertanya,
    saya masih binggung dengan tarombo Hutauruk ,
    saya tidak tau saya di keturunan berapa.
    tapi saya punya buku tentang tarombo Hutauruk tetapi sedikit berbeda.
    kurang lebih seperti ini uda( panggilan sementara karna saya belum terlalu mengerti tentang panggilan)
    no.1 HUTAURUK
    no.2 Lumban Soit
    no.3 Sipait Tua
    no.4 Ompu Mian
    no.5 Amani Mian
    no.6 Ompu Hasahatan
    no.7 Ompu Niandean
    no.8 Ama Niandean
    no.9 Eli Eser
    no.10 Plemon
    no. 11 Surip
    no. 12 Imbalo (opung ku)
    no.13 Sahat (BAPA ku)
    no.14 Harismon.J.N.H ( AKU)

    buat uda tolong penjelasannya apaka Tarombo Hutauruk kepunyaan keluargaku sudah benar atau ada kesalahan tempat, atau nama .
    Trimakasih sebelumnya buat Uda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: