Formulir Donatur

Formulir Donatur

Atas kesepakatan bersama dalam beberapa kali rapat panitia Bona Taon Punguan Hutauruk Boru – Bere Se-Jabodetabek, dan atas persetujuan Majelis Perwakilan Pomparan Donda Ujung (MPPDU) bahwa Formulir Donatur sudah dicetak dan mulai diedarkan kepada para donatur yang terhormat.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya bahwa Pesta Partangiangan Bona Taon Punguan Hutauruk Boru-Bere Se-Jabodetabek akan diadakan di Gedung Pertemuan Corpatarin Utama dan direncanakan berlangsung pada hari Minggu, 9 Januari 2011.

Taksiran budget keseluruhan adalah sekitar Rp 260.000.000 dimana Rp 170 jutaan dialokasikan untuk pendanaan acara pesta dan sekitar Rp 90 jutaan untuk dana sosial untuk anggaran tahun 2011.

Memang agak berat untuk mengumpulkan dana sebanyak itu oleh panitia karena Punguan Hutauruk Boru-Bere Se-Jabodetabek belum memiliki sumber dana tetap yang dapat menjamin berjalannya kegiatan punguan, sementara iuran keanggotaan yang terkumpul dari komitmen seluruh anggota yang besarnya Rp 10.000/bulan selalu habis terpakai untuk kegiatan sosial selama tahun berjalan, dan bahkan selalu mengalami defisit.

Mengapa terjadi demikian? semuanya memang terpulang kepada partisipasi semua anggota punguan yang ada di Jabodetabek. Disamping itu, punguan memang belum mampu memiliki sejenis unit usaha yang menghasilkan dana yang dapat dimanfaatkan untuk segala kegiatan punguan.

Lalu, kalau situasi seperti ini setiap tahunnya terjadi, maka pertanyaan yang muncul adalah darimana dana penanggulangannya? Kita masih bersyukur bahwa sumbangan moril dan terutama materiel menjadi penyelamat utama berlangsungnya kepengurusan punguan, dan partisipasi dari para donatur utama yang tahun demi tahun tidak bosan-bosannya menanggulangi permasalahan klasik punguan, yaitu menyediakan dana talangan. Namun yang menjadi pemikiran dan perlu untuk direnungkan bahwa partisipasi mutlak sehingga punguan masih mampu hidup adalah dari para generasi tua Hutauruk, dan bahkan para pendiri punguanpun ikut terbebani hingga saat ini.

Timbul pertanyaan lain, kemana perginya generasi muda Hutauruk yang terdata sudah banyak yang mapan disegala bidang? Memang sebagian kecil generasi muda Hutauruk yang sudah mapan sudah cukup banyak memberikan pemikiran dan bantuan moril dan materiel, dan kenyataannya mereka semakin mapan saja, karena mungkin saja mereka sudah menanamkan dalam jiwa mereka bahwa ‘memberi adalah lebih baik dari menerima’.  Sikap memberi memang mencitrakan seseorang berada pada posisi yang lebih tinggi daripada yang diberi; tangan yang memberi tentu berada diatas dari tangan yang menerima; air akan mengalir dari yang tinggi ke yang lebih rendah; dan seterusnya, dan seterusnya.

Puji Tuhan bahwa ada bentuk punguan yang mewadahi saluran-saluran berkat diantara komunitas Hutauruk di jabodetabek, sehingga kalaulah boleh semua insan Hutauruk, khususnya yang ada di Jabodetabek juga ikut kecipratan berkat dalam satu persaudaraan yang dimaknai dalam istilah samudar, sabutuha, dongan-tubu, yang bermodalkan sistim kekerabatan Dalihan Natolu, sebagaimana difahamkan oleh leluhur Hutauruk kepada pinompar.

Oleh karena itu, Panitia Bona Taon 2011 Punguan Hutauruk Boru-Bere Se-Jabodetabek, untuk tahun-tahun dimana banyak pergumulan hidup dialami oleh komunitas Hutauruk belakangan ini, merasa yakin bahwa punguan masih mampu dijalankan, dengan harapan akan berjalan semakin lebih baik pada tahun-tahun mendatang, hanya mengandalkan doa-doa dan kerja tanpa pamrih agar semua komunitas Hutauruk mendapat berkat untuk lebih mapan kehidupannya disegala bidang.

Apabila ada pengurus atau panitia yang berkunjung kerumah kita masing-masing, baik setelah konfirmasi ataupun tibatiba muncul didepan pintu, marilah kita sambut dengan senyum dan hati terbuka, termasuk membuka pintu rumah, agar mereka merasa dihargai, dan tidak jatuh harga diri, karena mereka melaksanakannya dengan senang hati penuh kerelaan bukan untuk kepentingan dirinya. Mereka juga bukan orang asing, bukan pengemis, bukan penagih hutang, tetapi bila mereka bertemu dengan saudaranya maka dihatinya ada cahaya terang bahwa Hutauruk masih ada sebagai pengganti keturunan leluhurnya.

Apabila diantara kita ada yang merindukan kehadiran mereka namun tak kunjung tiba, maka formulir di atas dapat juga digunakan untuk mewakili kehadiran mereka dan Tuhan akan menggiring kita untuk bertemu di Pesta Partangiangan Bona Taon, Minggu 9 Januari 2011. Donasi dapat dialamatkan pada Nomor Rekening Banhk yang tertera pada Kop Surat Formulir Donatur.

Akhir kata:

  • Bagot na marhalto,
  • na tubu di robean
  • Horas ma hami na manjalo,
  • tarlobi ma di hamu na mangalean
  • IMMMMMA TUTU….

Mauliate, HORAS

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: